Cara Menghubungkan Ponsel Android ke Proyektor Mini

Empat cara untuk menghubungkan Android Anda ke proyektor mini

Dalam artikel ini irrawaddymedia akan menjelaskan cara menghubungkan ponsel Android Anda ke proyektor mini, termasuk opsi kabel dan nirkabel.

Cara Menghubungkan Ponsel Android ke Proyektor Mini

Anda dapat menghubungkan ponsel Android apa pun ke proyektor mini apa pun secara nirkabel, tetapi opsi Anda akan bergantung pada kemampuan proyektor Anda. Beberapa proyektor memiliki streaming asli atau pencerminan layar bawaan, tetapi Anda biasanya memerlukan perangkat eksternal seperti Chromecast. Beberapa telepon juga dapat terhubung melalui kabel fisik, tetapi itu tidak terlalu umum.

Berikut adalah pilihan Anda untuk menghubungkan ponsel Android ke proyektor mini:

  • Chromecast : Jika Anda memiliki Chromecast, Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan ponsel Android Anda ke proyektor mini apa pun. Perangkat ini cukup murah sehingga Chromecast biasanya akan menjadi pilihan terbaik, bahkan jika Anda harus membelinya.
  • Perangkat streaming : Beberapa perangkat streaming, seperti Roku, memungkinkan Anda melakukan streaming dari ponsel. Metode ini sedikit kurang berguna, karena hanya ada sedikit alasan untuk menyaring cermin dari telepon jika Anda sudah memasang Roku. Namun, itu adalah pilihan jika Anda membutuhkannya.
  • Pencerminan layar bawaan : Opsi ini bergantung pada streaming bawaan atau fungsi berbagi layar atau proyektor dengan ekosistem aplikasi. Misalnya, beberapa proyektor memungkinkan Anda mengunduh dan memasang aplikasi dari Google Play.
  • HDMI : Metode ini mudah dan berfungsi dengan baik, tetapi ini bukan opsi di sebagian besar ponsel. Ponsel Anda harus mendukung MHL, HDMI melalui USB-C, atau DP melalui USB-C.

Cara Menghubungkan Ponsel Android ke Proyektor Mini Dengan Chromecast

Karena Android bekerja sangat baik dengan Chromecast, cara terbaik dan termudah untuk menghubungkan ponsel Android ke proyektor mini adalah melalui Chromecast. Perangkat Chromecast juga cukup ringkas, yang menjadikan perangkat keras ini sebagai pasangan yang baik untuk sebagian besar proyektor mini. Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah bahwa Chromecast memerlukan daya melalui USB, yang tidak dapat disediakan oleh semua proyektor mini.

Berikut cara menyambungkan ponsel Android ke proyektor mini dengan Chromecast:

  1. Hubungkan Chromecast ke proyektor melalui HDMI.

    Anda mungkin memerlukan adaptor jika proyektor mini menggunakan port HDMI-C.

  2. Colokkan Chromecast ke daya menggunakan port USB di proyektor atau adaptor daya USB.

  3. Alihkan input proyektor ke HDMI.

  4. Siapkan Chromecast Anda jika Anda belum melakukannya.

  5. Hubungkan ponsel Anda ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan Chromecast Anda.

  6. Luncurkan aplikasi yang kompatibel, seperti YouTube atau Netflix, dan ketuk ikon Chromecast.

  7. Pilih perangkat Chromecast yang terhubung ke proyektor Anda.

  8. Konten Anda akan mulai mengalir dari ponsel ke proyektor.

Cara Menghubungkan Ponsel Android ke Proyektor Mini Tanpa Chromecast

Beberapa proyektor dapat terhubung secara nirkabel ke telepon Anda tanpa perangkat keras tambahan, dan beberapa perangkat streaming juga menyediakan fungsi tersebut. Misalnya, Anda dapat melakukan streaming dari ponsel ke Roku.

Untuk menyambungkan ponsel Android Anda ke proyektor mini menggunakan streaming internal, hubungi produsen proyektor Anda untuk mengetahui apakah mereka mendukungnya. Jika proyektor Anda memiliki fitur ini, Anda biasanya perlu mengunduh aplikasi pabrikan ke telepon Anda dan kemudian menggunakan aplikasi itu untuk melakukan streaming dari telepon Anda ke proyektor.

Menghubungkan Telepon ke Proyektor Mini Dengan USB

Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke proyektor mini dengan USB dan bagaimana Anda dapat melakukannya jika ponsel Anda tidak memiliki output HDMI. Sangat sedikit ponsel yang mendukung HDMI, dan bahkan lebih sedikit lagi yang memiliki port HDMI. Ponsel yang mendukung HDMI melakukannya dengan beberapa cara berbeda.

Metode tertua yang digunakan ponsel untuk mendukung HDMI adalah Mobile High-Definition Link (MHL), yang menyediakan cara untuk mengeluarkan HDMI melalui port micro USB menggunakan adaptor. Opsi berikutnya yang muncul adalah standar yang disebut mode alt HDMI, yang memungkinkan ponsel dan perangkat lain mengeluarkan HDMI melalui USB-C. Yang terbaru adalah mode DP alt, yang memungkinkan ponsel dan perangkat lain mengeluarkan sinyal DisplayPort melalui USB-C.

Sayangnya, mode alt MHL, HDMI, dan alt DP semuanya relatif jarang. Sebelum Anda berinvestasi dalam kabel atau adaptor, periksa untuk melihat apakah ponsel Anda mendukung salah satu mode ini.

Inilah tempat untuk mencari:

  • MHL: Perangkat yang kompatibel dengan MHL
  • Mode alt HDMI dan DP: Perangkat yang mendukung video melalui USB-C

Jika ponsel Anda mendukung MHL, mode alt HDMI, atau mode alt DP, Anda dapat menyambungkannya ke proyektor mini menggunakan kabel yang sesuai. Cukup sambungkan salah satu ujung kabel ke telepon Anda dan ujung lainnya ke proyektor Anda, dan telepon akan mengeluarkan HDMI ke proyektor seperti laptop.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.