WhatsApp meluncurkan ‘komunitas’, memungkinkan orang mengirim pesan ke ribuan orang sekaligus

WhatsApp telah meluncurkan fitur “komunitas” baru yang memungkinkan Anda mengirim pesan ke ribuan orang sekaligus.

Hingga saat ini, grup WhatsApp dibatasi hingga 256 orang, dan orang-orang itu hanya dapat ditambahkan menggunakan nomor telepon mereka, dengan maksud agar semua orang dalam obrolan saling mengenal.

Alat Komunitas baru secara mendasar mengubah itu, dengan tujuan membuat WhatsApp menjadi sesuatu yang lebih dekat ke jaringan sosial di mana sekelompok orang yang jauh lebih besar dapat mengobrol dan berbagi informasi.

Mark Zuckerberg menyebut pembaruan tersebut sebagai “evolusi besar” yang mencerminkan perubahan cara orang berkomunikasi secara online.

Alat baru pada dasarnya adalah perluasan kelompok, yang membuat mereka jauh lebih besar dan mirip dengan jaringan sosial. Pengguna kemudian dapat mengirim pesan ke semua orang di komunitas itu.

Itu bisa semua orang tua di sekolah, misalnya, atau semua staf di tempat kerja atau orang-orang di lingkungan sekitar. Banyak orang sudah menggunakan WhatsApp sedemikian rupa, tetapi terpaksa menggunakan fitur grup, yang diakui Zuckerberg bisa jadi sulit, untuk informasi lebih lengkapnya di review aplikasi.

Di dalam komunitas tersebut, pengguna dapat memiliki sejumlah grup. Jadi, komunitas yang berbasis di sekitar sekolah dapat memiliki grup dan obrolan khusus yang dikhususkan untuk kelas tertentu, misalnya.

“Kami membangun Komunitas WhatsApp untuk mempermudah mengatur semua obrolan grup Anda dan menemukan informasi,” tulis Zuckerberg dalam sebuah pengumuman. “Anda akan dapat menyatukan kelompok yang berbeda ke dalam satu komunitas – misalnya, selain kelompok individu untuk kelas yang berbeda, Anda mungkin memiliki satu komunitas keseluruhan untuk orang tua di sekolah dengan tempat sentral untuk pengumuman dan alat untuk admin.

“Kami juga menambahkan fitur baru ke grup di WhatsApp, termasuk reaksi, berbagi file besar, dan panggilan grup yang lebih besar. Dan karena ini adalah WhatsApp, enkripsi ujung ke ujung dan fitur keamanan akan dibangun sejak awal.”

WhatsApp juga akan menambahkan beberapa batasan tambahan pada fitur Komunitas. Misalnya, orang hanya dapat meneruskan pesan ke satu grup dalam satu waktu – dengan tujuan untuk mempermudah penyebaran postingan berbahaya seperti cerita palsu atau spam dengan cepat.

Demikian pula, hanya administrator komunitas yang dapat mengirim pesan ke semua orang di dalamnya sekaligus. Pengguna hanya dapat memposting di sub-grup yang telah mereka ikuti.

Hanya admin dan orang-orang di grup kecil bersama yang dapat melihat nomor telepon Anda juga.

Fitur tersebut mulai diuji sekarang dan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang, kata pemilik WhatsApp dan Facebook Meta. Peluncuran itu akan “lambat”, Mr Zuckerberg memperingatkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.